Monetize our web / blog with Adsense

Tuesday, March 10, 2009

Menghindari click fraud pada Adsense

Banyak publisher Adsense yang berakhir dengan pemecatan secara sepihak oleh Google, padahal mereka merasa tidak melakukan hal2 yang melanggar ketentuan dalam Term of Service (TOS) Google Adsense. Siapa yang begitu picik sehingga berniat melanggar undang2 Google? Sedangkan begitu banyak kesempatan yang bisa diraih guna mengeruk dollar melalui Adsense.

Hal ini sebenarnya menjadi perhatian oleh Google yang tidak rela terjadi kecurangan yang dilakukan oleh segelintir orang, salah satunya adalah dengan suatu musibah bernama "Click Fraud".
Click Fraud diasumsikan oleh pihak Google sebagai klik yang terjadi dengan tujuan mendapatkan uang dari para pemasang iklan. Atau cara mendapatkankan uang tetapi dengan jalan yang salah. Banyak publisher sudah paham akan hal ini dan menyadari pula bahwa hal ini adalah salah satu masalah besar yang dihadapi Adsense.

Bagaimana mencegah terjadinya Click fraud?
Kebanyakan web hosting menawarkan acces log. Rasanya perlu untuk memberikan acces log ini kepada Google. Sehingga Google juga bisa memantau aktivitas yang mencurigakan di situs kita. Karena masalah seperti ini sangatlah serius, dengan memberikan akses kepada Google maka secara langsung akan mengatakan kepada mereka bahwa kita juga ingin membantu dengan cara apapun untuk menghadapi masalah ini.
Sangat membantu jika kita memiliki software yang mengawasi klik yang terjadi. Kalau belum punya, sebaiknya segera mendapatkannya. Karena kebanyakan software tersebut bisa didapat dengan cuma-cuma.
Berikan informasi yang kamu dapatkan kepada Google. Hal ini akan menunjukkan kepada Google bahwa kita juga berupaya memerangi Click fraud dan tidak akan menjadi bagian darinya. Pelajari server log dan perhatikan aktivitas yang mencurigakan. Laporkan apa saja yang kita temukan tidak peduli masalah besar dan kecil.
Kalau perlu, nonaktifkan iklan kita khusus untuk beberapa IP address dan daerah yang dekat dengan area kita. Hal ini untuk mencegah ketidaksengajaan dan menghindari salah sangka. Bisa dilakukan melalui file htaccess. Hal ini untuk mencegah agar kita tidak disangka meng-klik iklan kita sendiri dan menyebabkan kita terbuang dari adsense.

Hindari adsense melalui jendela pop-up dan pop-under. Jangan letakkan iklan Adsense pada konten yang mempromosikan aktivitas ilegal atau membajak hak karya cipta milik orang lain.
Jujur kepada Google (bagaimanapun, dia adalah atasan kita yang memberi upah untuk kita) saat kita melakukan klik pada iklan kita sendiri apakah secara sengaja atau tidak sengaja. Atau saat kita melanggar TOS. Jujur saja kalau kita telah melakukan sesuatu kesalahan atau ketidaksengajaan. Hal ini lebih baik daripada kita diam saja sampai akhirnya mengetahuinya. Karena akan menyebabkan pemecatan sepihak dari Google Adsense dan kita akan kehilangan apa yang telah dirintis sejak awal. Jika ada kenalan yang mengetahui Adsense kita, pastikan mereka mengerti bahwa mereka tidak meng-klik Adsense kita dalam situasi apapun. Tidak ada salahnya memberitahu sedikit tentang Adsense dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Kebanyakkan jaringan program afiliasi PPC sudah punya ukuran yang berbeda untuk mencegah para publisher mereka tidak meng-klik iklan mereka sendiri. Beberapa search engine dapat melacak lebih dari 50 data poin, IP address, informasi program browser, user session dan mengenali jejak (cookies). Mereka juga mempunyai sistem untuk mendeteksi penipuan. Belum lagi tim spesialis yang memantau hal-hal yang sedang terjadi dan membantu para publisher untuk memerangi Click fraud.

Apa sih kunci sukses dari Adsense ?
Selama beberapa bulan, Google Adsense telah menjadi perbincangan hangat di beberapa forum, diskusi dan newsletter di internet. Sudah ada cerita tentang orang-orang yang menjadi kaya dan menghasilkan jutaan rupiah dengan hanya bekerja dari rumah. Sepertinya Google Adsense telah mendominasi bisnis internet afiliasi marketing dan menjadi salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang secara on-line.
Kunci kesuksesan Adsense adalah menempatkan iklan pada halaman web yang mempunyai trafik yang tinggi dengan kombinasi keyword yang paling banyak dicari. Semakin tinggi harga per klik, semakin banyak uang yang kita dapat dari klik yang terjadi di situs kita. Tentunya, kita akan mendapat sedikit uang jika kita mentargetkan iklan yang rendah harga per-klik-nya apalagi jika iklan tersebut kita letakkan pada halaman web yang sedikit pengunjungnya.
Sekarang ini hampir setiap hari jutaan manusia sudah on-line dan selalu saja ada yang mereka “klik” setiap harinya, maka sudah tidak mengherankan jika Google Adsense menjadi program yang cepat dikenal oleh umum.

1. Tingkatkan pengunjung situs kita sebanyak-banyaknya. Tujuannya, iklan Adsense kita akan bekerja lebih efektif dan akan menghasilkan lebih banyak klik, yang artinya lebih banyak uang yang dihasilkan.

2. Tempatkan link Adsense pada halaman yang sedikit atau belum menghasilkan profit. Dengan menempatkan iklan Adsense pada halaman tersebut akan mengurangi potensi kerugian karena pengunjung berpindah kesitus lain.
Untuk yang masih belajar sambil bekerja, 2 faktor tersebut sebenarnya cara yang baik untuk mendapatkan penghasilan dari situs yang mempunyai lalu lintas (trafik) pengunjung yang tinggi. Kebanyakan orang menggunakan strategi ini untuk menghasilkan uang lewat Adsense.
Google Adsense juga memberikan keuntungan bagi situs yang berisi tentang informasi yang memfokuskan memberikan konten gratis kepada para pengunjungnya. Sekarang mereka dapat meraup uang dari pelayanan yang mereka berikan. Dengan begitu banyak teknik yang sudah berkembang untuk menghasilkan cara termudah menghasilkan uang dengan Google Adsense, maka tidak heran jika Google selalu meng-update dan mempercantik Adsense untuk mempertahankan image yang sudah ada.
Adsense memungkinkan kita untuk memiliki lebih dari satu situs, sehingga peluang untuk menjadi lebih baik dan menghasilkan penghasilan yang terus bertambah bukanlah hal yang tidak mustahil.
Bahkan fitur yang diberikan Adsense boleh dibilang memanjakan para publisher, diantaranya : kita diperbolehkan mem-blokade kata kunci yang rendah harga perkliknya dan selain itu bisa mem-blokade iklan yang dipasang kompetitor usaha kita, sehingga iklan mereka tidak tampil di situs.
Dengan Google Adsense, peluangnya tidak terbatas. Karena itulah banyak orang yang “mengambil keuntungan” dari mudahnya mendapatkan uang di Adsense. Jika kamu mencoba cara-cara negatif dalam berprofesi di Adsense, bukan tidak mustahil Google terpaksa menghentikan program Adsense. Jika hal ini terjadi, maka kita akan kembali ke cara lama dalam berinternet marketing yang tidak menghasilkan uang semudah Adsense.

Sumber : Para pakar Adsense

0 comments: