Monetize our web / blog with Adsense

Tuesday, March 10, 2009

Rahasia Google Adsense

Tips dan trik Adsense adalah rahasia yang sebenarnya mudah dipahami dan diketahui bagi mereka yang ingin mendapatkan earning atau bayaran dari Adsense. Saya sudah membaca beberapa forum dan blog/situs berisi tentang tips Google Adsense dan kemudian saya kumpulkan sebanyak mungkin dengan polesan ala saya.

Ingin membangun Afiliasi?
Kalo kamu memutuskan untuk menjadi seorang publisher pada suatu situs maka kamu termasuk salah satu diantara dua kategori berikut:
- Mempublikasikan 100 situs yang mana setiap situs menghasilkan uang sebesar $1 per hari,
- mempublikasikan situs yang dapat menghasilkan $100 per hari

Realita yang ada banyak orang yang memilih pada salah satu. Memiliki 100 situs yang harus dirawat, di-manage serta membuat content. Memiliki 1 situs yang menjadikan kamu membuka semua kemungkinan (algoritma Search Engine, tren pemasaran dan lain sebagainya). Kamu memang bisa menyesuaikan rencana sambil berjalan tetapi akan lebih mudah jika kamu memutuskan mana yang akan kamu tuju.

Topik Umum (general) atau niche
Kamu dapat membangun situs kamu dengan topik umum ataupun niche. Pada umumnya berbicara tentang situs niche memiliki kinerja yang lebih baik sehubungan dengan Adsense. Pertama penargetan iklan merupakan hal yang lebih baik.
kedua, kamu harus memfokuskan penulisan secara alami yang menjadikan kamu ahli. Diharapkan hal ini akan menjadikan kamu ahli untuk menulis bidang yang sudah kamu kuasai.
Jika ini adalah kali pertama kamu dalam membangun sebuah situs Adsense maka nikmatilah hal tersebut. Hal ini akan menjadikan kamu menyelesaikan situs tersebut lebih mudah. kamu harus yakin bahwa topik milik kamu penuh dengan iklan dan pastikan pula bahwa kamu memiliki bayaran yang kamu inginkan.

Ketika kamu mengetahui bagaimana Adsense bekerja pada suatu situs, maka kamu akan mencoba untuk membeli daftar HPK (high paying keyword). Hal ini mengandung resiko dimana yang memiliki uang lebih banyak akan mendapatkan posisi lebih tinggi. Kemudian, adanya penyimpangan pemasukan dan pembatalan hubungan. Banyak orang yang menginginkan adanya iklan dalam situs mereka yang memiliki nilai $35 untuk sekali klik, namun jumlah iklan yang mempunyai nilai tersebut sangatlah terbatas. akibatnya kecurangan terjadi dalam kompetisi meningkatkan trafik. Saya sudah menggunakan laporan keyword dengan dollar yang tinggi dari cashkeyword.com dan hasilnya bagus.

Situs baru, File dan Perawatan
Jika kamu membuat sebuah situs jangan sampai kamu meletakkan suatu iklan sebelum situs kamu benar2 sudah jadi (bukan dalam masa under construction) dan mendapatkan cukup backlink dan cukup trafik. Jika kamu meletakkan pada situs kamu dengan boneka “loren Ipsum” atau tempat teks, maka akan ada iklan yang sesuai dengan topik-topik tersebut. Hal ini memang benar jika ada file baru pada suatu situs yang luar biasa, khususnya jika file tersebut baru dan memang berbeda.
Mungkin butuh beberapa hari atau beberapa minggu bagi Google untuk kembali ke halaman kamu dan mendapatkan Iklan dengan cepat sesuai dengan yang ditargetkan.
Tips: Jika kamu mendapatkan pengunjung dengan variasi IP maka dengan cepat kamu akan menyelesaikan proses ini.

Mengatur URL dan Channel
Adsense channel adalah sebuah area dimana dengan mudah kamu bisa mendapatkan statistik.
Kamu bisa mengatur channel URL untuk mengetahui bagaimana interaksi suatu situs satu dengan yang lainnya. Kamu juga bisa mengatur sub channel untuk masing-masing URL.
Jika kamu ingin melakukan sesuatu terhadap channel seperti di bawah ini:
domain1.com - 728 banner
domain1.com - 336 block
domain1.com - text link
domain2.com - 728 banner
domain2.com - image banner
domain2.com - 336 block
domain3.com - 300 block

Ketika kamu tahu siapa yang meng-klik, darimana dan dengan alasan apa, maka hal ini menjadikan laporan untuk kamu. Jumlah pengunjung akan selalu membuktikan, tetapi ketika kamu melihat laporan dengan channel yang turun, akan menunjukkan waktu yang berulang-ulang dan tidak bertambah sampai jumlahnya benar. Membingungkan ? jadi putuskan jika kamu benar-benar ingin laporan yang detail.
Tips: paling akhir jika kamu ingin URL yang menghasilkan uang maka pastikan untuk memasukkan URL yang berbeda.

Design Situs dan Integrasi
Saat kamu meletakkan Adsense pada situs kamu maka kamu wajib memutuskan dimana kamu akan meletakkan Adsense tersebut. Akan lebih sulit jika menghadapi situs yang dinamis. Ketika ada orang yang bisa melakukannya, saya hanya ingin mengatakan mereka hanya meletakkan kode Adsense ke dalamnya. Ketika semua situs berbeda, Google sudah mempublikasikan beberapa peta yang menunjukkan lokasi yang optimal. Dan tempat yang paling cocok adalah bagan tengah dan bagian samping kiri.
Saya sudah mencobanya pada bagian kanan dan dibawah posting, tetapi kamu harus memahami lebih dahulu alasan kamu melakukannya dan mengganti posisi jika iklan itu tidak bekerja.
Google juga sudah mempublikasikan daftar ukuran iklan yang memiliki kinerja yang tinggi, yaitu :
336×280 luas persegi
300×250 garis persegi
160×600 tinggi

Dari situs yang saya jalankan, saya menggunakan 336 persegi dan 160 yang tinggi. Iklan terbaik saya berikutnya berukuran 728 pada bagian awal dan saya tidak terlalu sering menggunakan 300 garis persegi. Jadi ini semua tergantung seberapa bagus kamu mengintegrasikan iklan tersebut ke dalam situs kamu. Penempatan bisa menjadikan performa yang mengesankan.
Tips: Ketika kamu bekerja pada situs baru atau layout yang baru mungkin kamu ingin memberikan masing-masing tempat agar memiliki link sementara sampai kamu benar-benar paham perilaku para pengunjungnya.

Trik yang lain yang dapat meningkatkan CTR kamu adalah dengan menampilkan iklan Adsense sesuai dengan warna latar situs. Contohnya jika situsnya berwarna hitam maka border adsense dapat dihilangkan dengan judul, teks dan URL berwarna putih atau yang kontras.
Tip: Cobalah untuk mengubah hyperlink menjadi warna yang kontras seperti merah tua atau biru tebal, kemudian ubah warna iklan dengan warna yag sama.
Satu tempat yang menjadikan Adsense tidak bekerja dengan baik adalah forum, khususnya forum dengan banyaknya jumlahnya anggota yang sama. Pengunjung reguler mengembangkan iklan secara cepat. Salah satu trik untuk menghindari iklan diacuhkan oleh pengunjung adalah dengan mengacak warna dan tempat. Karena tanpa adanya pola penempatan yang dinamis, penempatan dan warna akan menjadikan iklan kamu tidak laku. Seberapa besar kamu menekankan iklan kamu agar tidak mengganggu pengunjung. Ingat, lebih baik memiliki 1% dengan 500 pengunjung regular dari pada 5% untuk 50 pengunjung yang tidak reguler.
Tip: Untuk forum letakkan iklan diatas atau dibawah urutan forum yang pertama.




Menggunakan Gambar
Salah satu rahasia terakhir adalah menggunakan gambar secara langsung yang diletakkan diatas atau dibawah iklan pada kolom pertama. Cara ini digunakan tetapi dalam urutan forum digital para membernya berbicara tentang penepatan CTR mereka. Pada dasarnya kamu bisa mengatur kode Adsense dengan 4 gambar yang sesuai terintegrasikan langsung dengan gambar.
Ini sangat menjebak dan subyektif. Jika kamu memiliki pertanyaan, maka kamu bisa menulis pada iklan tersebut dan meminta mereka untuk melihatnya.
Tip: Jangan membatasi penggunaan ukuran gambar iklan. Iklan ini hanya akan bekerja dengan ukuran yang lainnya seperti 336 segiempat.
Note : Bahwa berdasarkan TOS Adsense yang telah diperbarui, tindakan penambahan gambar didekat maupun tersisipkan dalam kode iklan Adsense merupakan tindakan yang melanggar, dan memiliki resiko terdepak dari Adsense

Tambahan
Jangan menggunakan merek yang terkenal atau produk untuk gambar kamu. Gunakan gambar yang tidak spesifik secara wajar.

Multi iklan
Cara yang lain untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan menggunakan lebih dari satu iklan. Berdasarkan TOS kamu diizinkan utuk menampilkan tiga iklan pada setiap halaman.
Sama dengan hasil pencarian umum iklan dengan nilai tertinggi akan ditampilkan pertama dan yang terendah nilainya akan ditempatkan pada urutan terakhir. Jika terdapat cukup tempat, letakkan semua iklan. Tentunya dengan memperhatikan harganya. Asumsi sekarang kamu mendapatkan 60% dari pendapatan (pada $0.05 tiap klik kamu mendapatkan $0.03) Jadi, jika iklan hanya dibayar antara 3-5 sen, mungkin kamu ingin menyinkirkannya dari situs kamu.
Jika suatu iklan memiliki presentasi untuk diklik yang besar, kamu harus menempatkan iklan tersebut.
Tip: gunakan CSS untuk menempatkan iklan dengan nilai yang tertinggi pada lokasi dengan nilai iklan yag tertinggi.

Iklan di RSS
Dengan pertumbuhan blog dan RSS maka kamu bisa melihat penggunaan RSS untuk iklan. IMHO yang tidak bekerja dan mengakibatkan:
• kamu cuma mendapatkan satu tempat untuk iklan
• Iklan jarang di bidik pengunjung
• Orang-orang mengembangkan iklan gambar yang tidak jelas
• Kamu tidak dapat menemukan titik yang tepat untuk penempatan iklan

Situs Affiliate
Menempatkan iklan didalam sebuah situs afiliasi atau affiliate merupakan cara yang licik. Saya senang menggunakan Adsense di halaman artikel saya. Contohnya: Kalo kamu memiliki suatu situs afiliasi yang menjual baju maka kamu memerlukan artikel yang sesuai dengan produk tersebut.
Seperti “toko baju wanita”. Ketika kamu ingin kaya, mereka biasanya menyediakan pendapatan tetap yang kecil untuk menutupi pengeluaran kamu. Misalnya untuk pembayaran hosting.
Tip: Jika kamu tahu situs kamu memiliki 50 klik setiap bulan tambahkan lebih banyak halaman tentang topik ini, dan link halaman yang lainnya.

Arbitrasi PPC
Ini merupakan hal yang sulit untuk diprediksi sehingga saya akan membantu kamu dengan contoh yang semoga saja benar. Kamu mencari selisih yang lebar antara harga yang dibidik pada Adword dan harga yang kamu dapatkan dari Adsense. Jika kamu membayar $0,01 per klik dan mendapatkan $0,90 setiap klik. untuk menampilkan iklan Adsense maka kamu perlu menambah dana. Kamu bisa memperoleh banyak keuntungan, maka yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu tahu apa yang akan kamu lakukan.

Tambahan
Buatlah sebuah layout yang menarik untuk menarik perhatian para pengunjung. Kami secara konsisten sudah mendapatkan CTR dengan harga yang tnggi dengan melakukan ini semua.

Sumber : Dari Para pakar Adsense
Artile diatas diterjemahkan dari : http://www.wolf-howl.com
referensi : sumintar.com

0 comments: