Monetize our web / blog with Adsense

Sunday, March 8, 2009

Tingkatkan CTR dengan optimasi sederhana

Sebagai seorang publisher kita mungkin memiliki pertanyaan yang sama, bagaimana caranya meningkatkan CTR Google Adsense?
Apapun jenis situs atau blog yang kita gunakan, dengan jumlah pengunjung yang cukup mengesankan, tetapi kenapa belum juga menghasilkan uang karena kurangnya klik. Sepertinya kita harus memperbarui dogma kita terhadap Google Adsense.

Umumnya motif kita dalam ber-Adsense adalah meningkatkan CTR untuk menghasilkan profit. Sebenarnya sudah banyak cara untuk meningkatkan CTR seperti menempatkan iklan Adsense di beberapa lokasi yang berbeda dengan berbagai variasi ukuran. Betul, hal ini tentu saja bisa berpengaruh. Sebagai contoh jika kamu meletakkan iklan Adsense yang berbeda warna secara mencolok dengan halaman web maka bisa jadi justru CTR-nya rendah.

Sangat diutamakan halaman web yang terlihat atraktif dengan iklan Adsense yang terlihat seperti bagian dari halaman web tersebut. Bahkan ukuran iklan bisa mempunyai peranan penting-hanya jangan terlalu besar (malah bikin bete).
Sesuaikan ukuran iklan dengan proporsi halaman web dan proporsi halaman konten. Mungkin di tempat tertentu kita hanya perlu menempatkan iklan yang berukuran kecil dan ditempat lain bisa kita letakkan iklan yang berukuran besar segede gaban.
Yah, bermain intuisi dimana tempat paling ber-prospek cerah untuk memancing orang melakukan klik. Karena gak semua situs/blog memiliki pemetaan terbaik, meskipun Adsense sendiri punya saran tentang penempatan iklan yang berpotensi besar.

Strategi utama kita berikutnya untuk meningkatkan CTR adalah meng-optimasi konten dengan kata kunci alias keywords dan tambahannya.
Mari kita bicarakan topik yang lebih meluas. Kita sudah sering mendengar tentang keywords, optimasi, ranking, link, dsb.
Tetapi optimasi artinya bisa sangat majemuk. Untuk memudahkan asumsi kita, kita artikan anggap saja optimasi berarti “menghasilkan yang terbaik dari suatu situasi atau sumber daya
Perlu diingat bahwa CTR yang baik, hal yang paling penting adalah konten (isi) yang kaya dengan kata kunci. Kita diwajibkan untuk merangkai dan menulis konten yang baik dan dibutuhkan orang lain. Kita harus menulis konten yang benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung situs kita. Jangan menawarkan bakso sementara pengunjung menginginkan mie ayam (hehehehe...)

Kembali ke topik, saat kamu telah menulis konten yang menurut kamu baik dan memiliki target tertentu, berikutnya adalah menentukan kata kunci tertentu dan unik.
Menentukan kata kunci yang unik memang gak gampang, tetapi coba gunakan kata kunci yang sesuai target. Dengan kata lain membuat konten dan iklan Adsense saling berhubungan. Bahkan kata kunci pun harus sesuai dengan iklan dan konten,.
Jadi, jika seorang pengunjung mencari kata kunci dengan menulis kata "affiliasi marketing" dan halaman situs kita berisi dengan konten2 berhubungan dengan "affiliasi marketing" dan iklan yang ditampilkan pun berhubungan dengan "affiliasi marketing" maka hal ini akan menghasilkan kemungkinan yang sangat besar iklan Adsense kita akan di klik oleh pengunjung, yang dikarenakan topic iklan sesuai dengan apa yang dicari pengunjung.

Kesimpulannya :
  1. Konten yang baik, memiliki kata kunci dengan target tertentu.
  2. Iklan yang tampil sesuai dengan target konten karena konten yang memiliki target jelas.
  3. Menggunakan kata kunci yang sesuai dengan konten dan iklan, tentu saja punya prospek yang cerah.
Gabungan ketiganya akan menghasil CTR yang menjanjikan.
Selamat mencoba....

Sumber : Balakrishna
(Increase Google Adsense CTR With Simple Optimization)

0 comments: