Monetize our web / blog with Adsense

Thursday, February 12, 2009

101 Tips Google Adsense


1.
AdSense Earning = Impression-count x Click though rate x Cost per click x smart pricing factor.
2. Perkiraan impression berdasarkan trafik suatu halaman situs. Ini berarti berapa kali jumlah AdSense block ditampilkan.
3. Click through rate (CTR) adalah rasio clicks per impressions. Dalam kisaran 0.1% hingga 30%, tetapi biasanya dalam kisaran 1% hingga 10%.
4. Cost per click (CPC) adalah untung yang diperoleh untuk satu kali klik. Atau dengan kata lain CPC adalah nilai yang dibayar oleh advertisers untuk setiap klik atau juga jumlah publishers dapat untuk setiap klik.
5. Smart pricing adalah cara AdSense untuk menentukan klik yang bernilai apabila di-klik. Kalau klik pada halaman situs kita tidak memberikan apa-apa pada advertisers, contoh: klik iklan yang tidak membantu produk advertiser terjual, kamu hanya mendapat sedikit earning saja dari nilai CPC yang seharusnya didapat.
6. Untuk memudahkan mendapatkan akun Adsense, apply dari blogger.com.
7. Setelah kamu mendapat AdSense publisher code, kamu bisa meletakkan di dalam dimanapun, tanpa perlu meminta persetujuan dari Google. Tapi perlu diingat TOS yang diajukan oleh Google.
8. Baca berulang kali Google AdSense Program Policies dan Terms and Conditions.
9. Jangan klik iklan di halaman situs kamu atau meminta teman untuk meng-klik walaupun mereka menggunakan proxies dan IP yang berbeda.
10. Jangan gunakan click-bots.

11. Jangan memprovokasi pengunjung situs untuk klik pada iklan kamu seperti “Click Here” dan sebagainya. Teks yang bisa dimaklumi oleh Google adalah “Sponsored Links” dan “Advertisements”.
12. Jangan letakkan competitor conteksual ads dalam halaman yang sama dengan Adsense seperti: Yahoo Publisher Network, Clicksor. Non-conteksual ads mungkin bisa disisipkan.
13. Jangan letak konten-konten yang tidak dibenarkan oleh Google seperti. adult sites, gambling sites, mp3, etc.
14. Jangan sesekali MENIPU AdSense. Google akan tahu juga akhirnya. Kalau tidak sekarang, mungkin akan datang saatnya nanti. Berhati-hati itu lebih bijaksana.
15. Menjelajahi halaman situs sendiri tidak akan di-banned. Cuma pastikan jangan klik iklan tersebut.
16. Walau bagaimanapun, jangan membuka banyak halaman situs kamu semata-semata untuk mendapatkan angka impressions yang tinggi. Kamu bisa di-banned.
17. Jika kamu mempunyai masalah dan ragu-ragu dengan halaman situs yang kamu buat, Hubungi AdSense team. mereka bisa sangat membantu.
18. Coba cari, pilih dan analisa high paying niche tanpa banyak pesaing.
19. Kamu bisa mencoba mencari keyword yang memiliki higher paying dari http://www.cwire.org/highest-paying-search-terms
20. Gunakan Overture Bid Tool dan Search Engine Keyword Tool untuk mencari keyword yang sesuai.

21. Kamu bisa mengikuti program AdWords dan membuat mini campaign untuk membantu mendapatkan trafik. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami bagaimana AdSense berfungsi.
22. Letakkan targeted-keyword pada Page Title.
23. Ulangi keyword di dalam isi konten.
24. Belajar HTML atau cara membuat halaman situs
25. Letak simbol-simbol kata sebagai penekanan keyword seperti bold, tanda seru, tanda koma, tanda petik, dan lain-lain­
26. Dapatkan nama domain yang mempunyai keyword yang dipilih.
27. Buatlah halaman situs yang tertuju pada direktori kamu menggunakan RSSsubmitter atau RSS Announcer dan sebagainya untuk memperbanyak back link.
28. Daftarkan situs kamu pada search engines.
29. Buatlah sitemaps ke Google Sitemap (sitemap.xml) dan Yahoo (urllist.txt). Gunakan SOFTplus GSiteCrawler.
30. Google bukan satu-satunya SE. Terdapat banyak lagi SE yang lain. Jadi coba optimize-kan halaman situs kamu untuk SE yang lain.

31. Jangan ragu untuk mengeluarkan modal untuk membuat konten yang baru. Tulis atau bayar orang untuk membuat suatu materi konten. Gak perlu grammer yang sempurna, yang penting jelas.
32. Gunakan copyscape.com untuk mencari pencuri isi konten kamu. Tapi saling berbagi itu juga bisa menguntungkan kita untuk mendapatkan link back
33. Artikel berbentuk marketing adalah yang terbaik untuk membawa banyak pengunjung datang ke halaman situs kamu. Tulis dan terbitkan artikel kepada article-submission sites. Masukkan short summary dan hyperlinks halaman situs kamu di dalam ruangan author.
34. Jangan gunakan fasilitas yang dilarang oleh Google untuk menarik pengunjung ke halaman situs kamu seperti, membeli trafik, spyware, hidden-teks, page cloaking etc. Akun Adsense kamu bukan saja di-banned…tapi bisa jadi langsung di-terminated.
35. Pengunjung yang baru mempunyai peluang yang tinggi untuk klik pada iklan dibanding pengunjung yang sudah sering datang. Mereka dapat menghasilkan jumlah CTR yang tinggi.
36. Pengunjung yang biasa masuk halaman situs kamu lebih senang untuk merekomendasikan halaman situs kamu pada orang lain. Hal ini bisa menarik pengunjung yang baru lebih banyak. Jadi, jangan abaikan dua-dua.
37. Search engines adalah pintu masuk utama pengunjung datang. Belajarlah SEO sendiri dan dari mereka-mereka yang sudah ahli.
38. Jangan membuat mirrors di halaman situs yang sama tapi URL lain-lain. Ini bisa mengganggu SE ranking.
39. Untuk membuat banyak halaman situs dengan earning yang rendah adalah lebih mudah dibanding sedikit halaman situs tapi tinggi nilai earning-nya.
40. Membangun forum lebih bisa mendapat impressions yang tinggi, tapi rendah CTR.

41. CTR bukanlah segala-galanya.. Kalau CTR kamu tinggi tapi rendah earning, ini bisa mengakibatkan kamu terkena smart pricing.
42. Ikut program rekayasa halaman situs yang mudah dan cari guideline bagaimana membangun situs yang baik. Hindari kesalahan yang biasa dilakukan di dalam rekayasa halaman situs.
43. Bantu pengunjung dengan membuat capaian link dalam halaman situs dengan mudah. Kalau bisa biarkan link tersebut tidak keluar dari situs kamu. Buat pengunjung berputar-putar di dalam halaman situs kamu tetapi jangan menyesatkan.
44. Gunakan Google Analytics untuk melihat statistik. Atau gunakan Adsense Tracker. Ini dapat membantu kamu meng-optimize keyword dan tahu juga keyword yang dipilih benar-benar bagus.
45. Cara meletakkan iklan adalah penting dalam Google AdSense (Heatmap). Tempat yang terbaik adalah di sebelah atas isi kandungan utama halaman situs kamu.
46. Halaman situs berbentuk Forum memiliki tempat (Heatmap) berbeda untuk meletakkan iklan Google. Tempat yang terbaik untuk meletakkan iklan Adsense dalam forum adalah di sebelah kiri panel setelah posting yang pertama dan juga di bawah posting yang akhir sebelum footer.
47. Forum adalah halaman situs interaktif. Berjaga-jaga dengan pengunjung yang datang.
48. Coba gunakan ukuran iklan 300×250 medium rectangle, 336×280 large rectangle, atau 160×600 wide skyscraper ad formats. Semua itu adalah AdSense ad formats yang terbaik.
49. Pilih warna iklan yang sesuai dengan halaman situs..
50. Wrap iklan AdSense di sekitar isi konten.

51. Meletakkan gambar di sebelah atau di atas iklan Adsense dapat meningkatkan CTR. Tapi hati-hati dengan pengintaian Google, hal ini bisa menjadi alasan untuk mem-banned akun.
52. Gunakan channels untuk tracking performance format iklan yang bermacam-macam. warna iklan dan kedudukan iklan. Kalau ingin bagus, gunakan Adsense Tracker. (modal sedikit… hehehe)
53. Letakkan satu iklan yang mengandung gambar dan teks. Google akan memilih iklan-iklan yang terbaik untuk cara seperti ini.
54. AdSense mungkin mempunyai iklan CPM (cost per thousand impressions) dan CPC (cost per click) , dan mereka akan memilih salah satu yang terbaik.
55. Kedua iklan gambar atau teks bisa memiliki perhitungan CPM atau CPC.
56. Masukkan juga link unit ads. Ini bisa diletakkan di bottom line.
57. Coba Google Search unit. Berguna untuk pengunjung jika diletakkan di bagian bottom line.
58. Berusahalah untuk membuat isi konten yang tidak menggunakan cara blackhat atau whitehat dan promosikan halaman situs kamu. Cari panduan mengenai cara posting yang baik dan menarik. Adsense bukanlah satu program untuk cepat kaya. Kamu mungkin hanya perlu belajar dari teknik, fitur, strategi di dalam SEO termasuk backlink, pagerank, social bookmarking, tag and ping dan yang lain.
59. Kalau bisa hindari jalan keluar dari halaman situs kamu selain melalui iklan Adsense dan dari klik ‘X’ (Yang ini dah dari sono-nya). Buat link yang mengantar ke halaman situs kamu agar pengunjung berputar-putar di dalam halaman situs kamu saja.
60. Cari “AdSense Tips” di Google. Banyak forum-forum dan juga mereka-mereka yang sukses, mempunyai banyak stratergi dan teknik di dalam optimasi Adsense

61. Adsense lebih menyukai blog daripada halaman situs biasa.
62. Inside AdSense adalah official AdSense blog, di mana kamu bisa tahu latest developments tentang AdSense.
63. Kamu bisa membantu AdSense pulishers lain di AdSense Help Group dan kamu dapat banyak pengalaman yang berguna.
64. Kalau kamu serius di dalam mencari penghasilan dengan AdSense, kamu perlu modal untuk membeli tools, situs hosting dan juga domain. 1 domain situs mungkin cukup.
65. Jangan letakkan banyak iklan Adsense dalam halaman situs. Coba cari iklan yang mempunyai CTR yang tinggi dan buang iklan yang CTR-nya rendah. Klik yang sedikit pada iklan 1$ lebih baik dibanding banyak klik pada iklan 3 sen.
66. Lakukan eksperimen, eksperimen, dan eksperimen berulang kali. Kamu tidak boleh berhenti di dalam mencoba new ad format.
67. Buang iklan “Advertise on this site” dari iklan AdSense kecuali halaman situs kamu sudah mempunyai rata-rata pengunjung lebih dari 5000 orang. Ini untuk menghindari halaman situs kamu merupakan halaman situs MFA (made-for-Adsense). Kamu bisa men-disable-kan di ruang setting dalam akun Adsense.
68. Gunakan AdSense Preview Tool untuk mencoba iklan yang keluar di halaman situs kamu. Kamu bisa klik iklan ini karena tidak ada charge dikenakan pada Adsense Advertiser.
69. AdSense menggunakan geo-location untuk menampilkan iklan, iklan akan menyesuaikan negara dan lokasi kamu. Jadi iklan yang kamu lihat tidak sama dengan iklan yang dilihat oleh mereka yang datang dari lokasi lain. gunakan AdSense Preview Tool untuk melihat iklan dari berbagai lokasi.
70. Gunakan AdSense Competitive Ads Filter untuk membuang site yang tidak berguna. Halaman situs tersebut mungkin link farms, content theft, atau meta search engine.

71. Gunakan AdSense Competitive Ads Filter untuk membuang iklan yang tidak ada hasilnya.
72. AdsBlackList.com memiliki banyak URL yang bagus. Bisa dicoba.
73. Coba variasikan warna AdSense, format, penempatan berbeda di halaman situs kamu untuk memberikan sesuatu yang baru pada pengunjung.
74. Belajar sedikit tentang CSS.
75. Jika kamu meletakkan lebih dari satu Iklan Google, letakkan iklan Google yang biasa di-klik. Pastikan adalah yang muncul pertama kali saat pengunjung membuka halaman situs kamu. penempatan awal muncul ini akan diletakkan dengan iklan yang mahal. Kamu bisa lakukan semua ini dengan CSS.
76. Coba membuat isi konten dengan berbagai topik dan subyek. Cari topik yang bisa membawa banyak jumlah pengunjung, perbanyak lagi artikel di dalam topik tersebut.
77. Jika kamu menggunakan halaman situs dinamik, guna htaccess untuk menampilkannya sebagai static78. Simpan halaman situs HTML dan CSS kamu.
79. Bagi artikel yang panjang dalam artikel pendek. Ini dapat menjadikan pengunjung lebih lama dan menelusuri lebih banyak halaman situs kamu..
80. Pastikan setiap artikel hanya fokus dengan 1 topik.

81. Lihat statistik artikel yang diminati dan coba membuat artikel yang mempunyai kesinambungan di bawah topik yang sama. Pengunjung akan menunggu artikel berikutnya dan akan kembali.
82. Tulis banyak artikel di dalam topik yang dapat menarik banyak pengunjung.
83. Pengunjung AP atau Situs-savvy kurang klik pada iklan Adsense.
84. BERSABARLAH. Kamu pasti butuh waktu yang cukup panjang untuk meningkat trafik kamu dan juga melakukan optimasi.
85. Berpikir jangka panjang Analisa apa yang diperlukan oleh pengunjung, berikan sesuatu yang berharga dan pengalaman yang baik pada pengunjung.
86. Pertimbangkan untuk membeli banyak situs hosting untuk membuat banyak halaman situs. Kamu mungkin perlu mengeluarkan modal untuk mendapatkan lebih banyak untung. Treat bussines as bussiness.
87. Selalu pantau jumlah Adsense yang diperolehi. Kamu bisa beritahu Adsense Team jika menemui sesuatu yang mencurigakan dengan jumlah Adsense yang kamu dapat. Banyak yang mungkin tidak suka dengan kamu dan mencoba sabotase dengan klik banyak2 (klik fraud) pada iklan di dalam halaman situs kamu. Jangan beritahu halaman situs milik kamu.
88. Gunakan Google AdSense section targeting untuk membantu mendapatkan iklan yang sesuai.
89. Gunakan AdSense Alternate Ads jika Adsense tidak dapat memberikan iklan yang related.
90. Gunakan warna iklan secara bergantian. Dapat menjadikan pengunjung kamu tidak merasa link yang ada di halaman situs kamu merupakan iklan Adsense.

91. Coba juga rangkaian conteksual advertising yang lain. Yahoo Publisher Network, Clicksor, Bidvertising, etc. Tapi pastikan JANGAN LETAK BERSAMAAN DENGAN ADSENSE.
92. Kamu bisa meletakkan iklan click-bank, amazon, chitika atau iklan affiliate di dalam satu halaman situs dengan iklan AdSense. Kamu juga bisa meletakkan rangkaian advertising yang lain selagi bukan iklan berbentuk conteksual ads. Coba Chitika, dan disable-kan conteksual ads option.
93. Jika kamu tidak mematuhi Terms and Conditions, akun AdSense kamu akan di-banned dan lebih buruk nama kamu juga di-banned..
94. Jika kamu merasa tidak melakukan kesalahan tetapi akun Adsense kamu di-disabled-kan, coba kirim email kepada Adsense Team dengan sopan dan professional (naik banding bos …). Coba berikan bukti-bukti bahwa kamu tidak bersalah seperti server log kamu dan sebagainya.
95. Sebarkan link halaman situs kamu. Lakukan viral marketing.
96. Promosi artikel kamu di dalam social bookmarking seperti del.icio.us, digg, reddit untuk permulaan yang bisa dikatakan baik.
97. Sediakan ruang “Email a Friend” kepada pengunjung untuk mendapatkan lebih banyak trafik.
98. Biasakan dengan laporan AdSense earning. Ini dapat membantu untuk mengetahui dari mana datangnya uang yang kamu dapat dan lakukan optimasi. Adsense Tracker pun bagus.
99. Tawarkan newsletters Pada pengunjung. Ini memberi peluang kepada pengunjung untuk datang kembali.
100. Jelajahi AdSense support page, Semua informasi tentang Adsense terdapat di sana.
101. Belajar dari Google center terus menerus

Sumber : Dari para pakar Adsense

0 comments: