Monetize our web / blog with Adsense

Sunday, February 1, 2009

Newbie main di Adsense dulu saja

Saya adalah seorang newbie/beginner di dunia Afiliasi Internet Marketing, saya bermain di Adsense terlebih dahulu. Kenapa?
Karena di Adsense, kita tidak perlu menjual apa-apa. Sebenernya kita tetap perlu menjual juga sesuatu. Yaitu menjual daya tarik kepada pengunjung situs/blog sehingga mereka bersedia meng-klik Adsense kita. Ini jauh lebih mudah daripada harus menjual sesuatu kepada mereka dan mereka harus bayar (Hari gini keluar duit kayaknya berat banget!).

Untuk membuat pengunjung meng-klik iklan Adsense kita jauh lebih mudah. Toh semua orang yang sering nge-net sudah di program terlebih dahulu di otak mereka bahwa untuk “pindah” dari sebuah situs ke situs lainnya adalah dengan meng-klik mouse mereka.
Di tambah lagi tidak semua orang tahu apa yang namanya Adsense.
Dengan kalimat lain adalah : BANYAK orang yang tidak tahu apa yang namanya Adsense, terutama mereka yang tidak bermain di Internet Marketing. Ga percaya?
Coba tanya ke teman, rekan, atau saudara kita yang tidak bermain di Internet Marketing, apakah mereka tahu tentang Adsense?”
Karena mereka tidak tahu apa itu Adsense, mereka akan anggap iklan Adsense yang ada di website/blog kita adalah BAGIAN dari website/blog kita. Dengan demikian, orang2 seperti mereka tidak segan untuk meng-klik Adsense kita.

Selain tidak perlu menjual apa-apa kepada pengunjung situs/blog, kita juga tidak perlu membina hubungan dengan mereka (bahasa bisnisnya : nge-lobi). Ini berarti kita akan menghemat banyak waktu dan tenaga. Kita tidak perlu set up autoresponder di website/blog kita, dan kita juga tidak perlu follow up dengan mereka.
Kalo belum tahu apa itu autoresponder, autoresponder itu adalah alat untuk “menangkap” nama dan email pengunjung sehingga kita bisa membina hubungan dan follow up lagi dengan mereka.
Misalnya saya menjual sebuah produk/jasa, sulit sekali untuk saya bisa menjual produk/jasa saya kepada si pengunjung apabila mereka baru pertama kali kunjungi website/blog anda.
Toh mereka tidak kenal dengan saya, di tambah lagi ini adalah dunia maya, jadi kemungkinan untuk mereka membeli produk/jasa saya sangat kecil sekali. Oleh karena itu, saya perlu mendapatkan nama dan email mereka sehingga saya bisa membina hubungan dengan mereka.

Dengan adanya hubungan antara saya dan pengunjung anda, maka menjual pun akan lebih mudah. Ini yang sering disebut Relationship Marketing.
Dengan bermain di Adsense kita juga tidak perlu terlalu pusing membikin content. Artinya kita bisa copy paste dari artikel direktori dan menampilkan artikel-artikel yang berhubungan dengan topik kita, tentunya dengan meng-link kembali ke website si pengarang artikel tsb.

Nah langkah berikutnya untuk mendapatkan duit tinggal mendatangkan pengunjung ke website/blog kita. Inilah yang sering menjadi kendala buat para pemilik website/blog.
Hal ini bisa diakali dengan banyak2 membangun hubungan dengan situs/blog lain, dengan tujuan bahwa nama kita tercantum, termasuk alamat situs/blog kita, dan orang2 yang nge-net punya link2 situs/blog kita yang tersebar diberbagai penjuru dunia maya. Urusan apakah mereka tertarik untuk mengunjungi situs kita, itu merupakan peruntungan buat kita. Yang penting kita sudah usaha.

Sumber : Dari para pakar Adsense

0 comments: