Monetize our web / blog with Adsense

Monday, February 23, 2009

Mencari income dengan afiliasi marketing

Apakah kamu seorang internet on-line addicted ? Kamu butuh dana segar untuk tetap on-line ? Atau kamu seorang yang ingin mempunyai penghasilan melalui internet?
Siapapun kamu, kalo kamu memang ingin menghasilkan uang, afiliasi marketing mungkin adalah pilihan yang pas buat kamu. Dan jika situs/blog kamu kaya dengan konten yang bagus maka kenapa tidak ikut serta di program Google Adsense ?

Mengapa affiliate marketing?
Karena afiliasi marketing adalah cara mudah dan mungkin cara yang terbaik dalam menghasilkan uang secara online, kecuali kamu adalah seorang pebisnis yang lebih menyukai mencari profit dengan cara menjual produk sendiri daripada menjual produk orang lain di situs kamu. Atau, kenapa tidak kedua-duanya ?
Afiliasi marketing adalah hubungan atau perjanjian yang terjadi antara dua situs, dimana salah satu pihak adalah sebagai pedagang (kerennya : Produsen ato Advertiser) dan yang lainnya sebagai afiliasinya (bahasa awamnya : Publisher). Dalam hubungan ini, Publisher setuju untuk menampilkan iklan milik Produsen pada situsnya. Sementara sang produsen bersedia membayar publisher dengan syarat dan metode yang sudah disepakati.
Hal ini bisa menciptakan penghasilan bagi pihak publisher, cukup dengan menampilkan iklan milik produsen. Bagi sang produsen tentu saja mempunyai keuntungan, karena dengan memiliki afiliasi akan mengurangi biaya dalam pengiklanan produk mereka, jika dibandingkan dengan membayar perusahaan advertising.

Ada beberapa variasi metode tentang bagaimana para produsen membayar afiliasi mereka seperti pay per click, pay per lead dan pay per sale.
Metode pay per click sangat disukai para publisher, karena cukup dengan “menggiring” pengunjung situs (visitor) menuju situs produsen maka komisi sudah bisa didapatkan. Untuk dua metode yang lain lebih banyak disukai oleh para produsen, karena komisi baru akan diberikan jika para visitor dari pihak publisher, melakukan registrasi atau melakukan pembelian produk di situs produsen.
Mendapatkan keuntungan pada program afiliasi marketing sangat tergantung dari banyaknya visitor suatu situs. Situs yang mampu menarik banyak visitor mempunyai kesempatan untuk menghasilkan uang lebih banyak dari program marketing affiliasi.

Lalu bagaimana dengan Adsense ?
Google adsense sebenarnya sama seperti program affliasi marketing lainnya, karena google berlaku sebagai perantara afiliator (kerennya : Broker) dengan pihak produsen. Para produsen maupun para publisher iklan cukup mendaftar ke Google dan membuat teks iklan yang menggambarkan produk.
Nah, iklan ini akan diberi link rujukan ke situs para produsen atau advertiser, dan iklan-iklan ini akan ditampilkan pada mesin pencari Google, situs2 yang dimiliki oleh para afiliator atau browser yang telah mendaftarkan diri pada program Google Adsense.

Walaupun ada banyak kesamaan antara Adsense dengan program marketing afiliasi lainnya, tapi dapat juga ditemukan perbedaannya. Pada Google Adsense, sang pemilik situs/blog cukup meletakkan kode unik pada situsnya dan Google akan mengurus langkah berikutnya.
Iklan yang akan ditampilkan oleh Google adalah iklan yang benar-benar relevan dengan konten dari situs kita (kata lainnya : Niche). Sehingga hal ini akan menguntungkan publisher dan produsen, karena pengunjung dari situs kita akan lebih tertarik pada iklan yang relevan dengan isi situs.
Kompensasi program Google Adsense berbasis pay-per-click. Para advertiser akan membayar Google dengan besaran tertentu setiap saat iklan mereka di-klik dari situs kita. Dan Google akan memberikan komisi kepada kita sebagai publisher dengan jumlah tertentu melalui cek atau transfer rekening. Biasanya pengiriman komisi dilakukan per bulan. Selain itu Google Adsense juga menyediakan alat untuk memantau (tracking tool) hasil yang yang terjadi pada iklan yang ditampilkan.

Lalu kemana semua ini bermuara?
Apalagi kalau bukan uang, uang dan uang! Program afiliasi marketing seperti Google adsense, bisa bekerja pada siapa saja, baik itu produsen maupun publisher. Di sisi produsen, adalah suatu penghematan pengeluaran biaya periklanan jika dibandingkan harus beriklan diperusahaan advertising. Untuk pemilik situs/blog, mereka bisa dengan mudah meraih untung hanya dengan menjaga kualitas situs mereka. Dan jika kita bisa menggabungkan program marketing afiliasi dengan Google Adsense maka uang yang didapatpun bisa lebih besar. Istilah kerennya "Multi stream incomes" atau pendapatan dari banyak sumber.


Sumber : Google Adsense Profits Mixed In With Affiliate Marketing
Oleh Emmanuel Aubrey

0 comments: