Monetize our web / blog with Adsense

Tuesday, February 17, 2009

Mendaftarkan Situs Ke Search Engine

Setiap orang yang baru saja membuat situs atau blog, tentu berharap situs atau blog mereka segera masuk dalam hasil pencarian Search engine seperti Google, apalagi muncul di halaman pertama, urutan pertama.
Muncul dihasil pencarian Search engine sebenarnya tidak sulit, dengan sendirinya situs kamu akan terdaftar di search engine, tetapi kalo kamu tidak melakukan apa-apa, maka situs kamu akan lebih lama terdaftar di Search engine (bisa berbulan-bulan).Rata Penuh
Untuk mempercepat proses pendaftaran situs/blog kamu terdaftar di search engine, sebenarnya gak susah2 banget. Salah satu cara yang cukup populer adalah dengan menggunakan Google Sitemap.
Google Sitemap merupakan suatu layanan dari Google untuk memudahkan suatu situs ter-indeks di Google. Dengan Google Sitemap, situs kamu akan lebih cepat ter-indeks di mesin pencari Google.

Cara menggunakan Google Sitemap :

  1. Masuk ke Akun Google kamu, klik Webmaster Tools
  2. Buat akun Google Sitemap.
  3. Buat Sitemap untuk situs kamu. Anda bisa menggunkan layanan situs ini untuk membuatnya. Sitemap Builder
  4. Upload sitemap.xml ke root directory (sama dengan file index Anda) pada situs kamu. Login ke Akun Google kamu dan masukkan alamat situs kamu.
  5. Google akan meminta alamat sitemap Anda. Misalnya : http://www.namasituskamu.com/sitemap.xml.
  6. Setelah itu kamu harus di verifikasi (Verify), untuk klik pada Verified pada Sitemap Anda.
  7. Pillih cara Anda untuk Verify situs Anda. Ada 2 cara untuk melakukannya :
* Menambah META TAG pada file index Anda.
* Menambahkan file kosong yang namanya sudah ditentukan Google.

Untuk lebih mudahnya pilih cara kedua. Untuk membuat file-nya, buka Notepad, kemudian Save dengan nama yang diberikan Google. Jangan lupa pilih All Files pada file type. Nah, sekarang Anda tinggal menunggu situs Anda, diindeks oleh spider-nya Google.

Sumber : ismartshare.com

0 comments: