Monetize our web / blog with Adsense

Tuesday, February 17, 2009

3 Solusi Meningkatkan Penghasilan PPC Adsense

Saya yakin kamu sebagai pembaca artikel ini sudah tahu apa tujuan dari Adsense, bahkan mungkin sudah menjdai seorang publisher seperti saya.
Sekedar berbagi pengetahuan dari hasil browsing dan blogwalking, dari pengalaman para pakar Adsense akhirnya saya menemukan beberapa cara yang biasa diterapkan oleh para pakar publisher Adsense untuk meningkatkan penghasilan mereka.
Karena saya bukan publisher Adsense yang sukses dan ternama jadi ada baiknya saya lebih mengedepankan apa pandangan dari para pakar Adsense ternama kita.
Beberapa caranya adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan High Paying Keyword (HPK) :
Hal ini perbedaannya, dan sangat terbukti kebenarannya. Ini bisa dibuktikan dengan perbandingan dolar yang dihasilkan oleh klik Adsense.
Di salah satu blog yang memiliki konten tentang game, CPM-nya bisa mencapai $ 3. Mungkin karena blog-nya juga belum terlalu populer atau gimana gitu. Dan dari beberapa klik, rata-rata cuman menghasilkan $ 0,7 - $ 1,6. Namun melihat blog yang bertemakan kesehatan (health) meskipun sedikit pengunjungnya karena banyak kompetitor yang ngejar, namun CPM bisa mencapai diatas puluhan $ 30 - $ 70 dan meskipun jarang di klik namun dengan hanya 4 klik yang terjadi di blog tersebut dalam beberapa hari dapat memperoleh $9,87. Namun harus bersiap kalau impresi nya lebih kecil, karena banyak yang ngejar keyword itu. Tapi jarang-jarang dapet rejeki kan gak apa.

2. Meningkatkan Impresi
Meningkatkan pengunjung ke blog yang berisikan iklan Adsense, baik dengan menambah indeks Google maupun dengan cara yang lainnya yang bisa meningkatkan trafik blog. Ini merupakan cara yang harus diterapkan oleh para publisher Adsense terutama bagi yang suka meng-klik sendiri Adsense karena banyak blog atau situs yang mengusulkan seperti itu. Namun saya sarankan sih jangan. Karena Google memiliki teknologi yang lebih canggih dari yang bisa menyelidiki dari mana asal klik pada iklan mereka.
Intinya semakin tinggi impresi yang dihasilkan, kemungkinan pendapatan pada klik iklan akan ikut naik. Meskipun itu bukan jaminan. Analoginya : semakin banyak mencoba berarti semakin sering berhasil. Dengan catatan bahwa persentase klik pada iklan terhadap impresi tidak lebih dari 20%. Karena nggak akan wajar jika setiap pengunjung pada suatu situs atau blog pasti meng-klik iklan Adsense kita. Jadi jika tingkat impresi Adsense kita mencapai angka 10, berarti angka rasional klik pada iklan hanya 2 atau 3 kali. Lebih dari itu bisa dianggap Klik fraud dan akun kita bisa terkena hukuman.

3. Penempatan Iklan dan Bentuk Iklan
Penempatan iklan yang baik akan berpengaruh kepada pendapatan kita, karena penempatan dan bentuk iklan yang baik dapat menipu mata pengunjung, terutama hal yang saya sarankan adalah menghindari penggunaan border atau garis pinggir. Tapi ada beberapa publisher ternama yang nyaman dengan tetap menggunakan border. Jadi hal ini retif tergantung pada bentuk blog kita. Lebih baik diuji saja kebenarannya dengan percobaan gonta ganti bentuk dan penempatan iklan biar tau perbandingannya.

Nah, dari ketiga tips tersebut sudah jelas bahwa tuntutan utama dari Adsense adalah konten yang pas dan banyak dicari orang.
Makin banyak yang nyari, otomatis iklan yang dipasang juga punya banyak pilihan.
Dan makin banyak yang nyari, makin banyak yg baca, nilai impresi makin tinggi, maka kemungkinan penghasilan kita juga ikut terdongkrak.
However, toh semua itu bukan jaminan. Kan semua kembali kepada pengunjung blog / situs kita dan juga Google sebagai bos kita.

Sumber artikel : idonbiu.com

0 comments: