Monetize our web / blog with Adsense

Tuesday, February 24, 2009

Tidak ada trik rahasia untuk Adsense

Dalam dunia Afiliasi Marketing termasuk Google Adsense, tidak ada yang namanya trik rahasia yang bisa meningkatkan jumlah pendapatan atau earning. Karena sepayah apapun kita berusaha melakukan sesuatu yang berbau trik dan kecurangan, sekeras apapun usaha kamu untuk memodifikasi kode, tampilan, penempatan Adsense pada situs/blog kamu, gak akan ada hasilnya jika tidak ada pengunjung yang hadir. Lu mo pasang baliho segede gaban pun gak bakalan ada fungsinya kalo gak ada orang yang lewat en ngeliat.
Gak peduli kamu mau pake sihir jenis apapun untuk memodifikasi Adsense, atau kecurangan apapun, nihil pengunjung berarti nihil komisi.

Tawaran trik rahasia yang sering kita temukan di beberapa halaman situs/blog saat kita browsing atau blogwalking. Kita diwajibkan untuk membayar beberapa peser uang sebagai kompensasi untuk sang pembuat trik dan mungkin juga distributor trik tersebut.
Mungkin mereka memasang harga yang begitu murah dengan tawaran potongan harga yang gak masuk akal. Masa' barang senilai Rp. 2.500.000,- berani dijual cuma Rp. 60.000,- perak aja. itu kalo emang barangnya gak bermanfaat, bisa jadi barang yang sudah kadaluarsa. Kita analogi saja pada cara penjualan di beberapa supermarket.

Mungkin juga kamu dengan sengaja browsing mencari trik Adsense, lalu menemukan beberapa di suatu situs/blog. Contoh dan relevansi yang bisa ditemukan adalah sebagai berikut :

1. Memasang gambar di dekat atau dalam bagian iklan untuk menarik perhatian pengunjung.
Faktanya adalah trik seperti ini sudah tidak sesuai dengan peraturan atau TOS dari Google Adsense dan akan beresiko terkena hukuman penalti (kayak sepak bola aja), akun anda bisa di-banned.

2. Memberikan border atau latar belakang khusus yang tujuannya juga menarik perhatian pengunjung.
Faktanya adalah trik seperti ini sama dengan menyisipkan gambar pada kode Adsense, dan berarti melanggar peraturan Adsense.

3. Aplikasi black hat maupun White hat.
Saya sendiri belum begitu paham mengenai kedua hal tersebut. Sedikit yang saya pernah dengar adalah menyamarkan link iklan dengan tulisan artikel/konten atau dengan latar belakang situs/blog. Wah, yang ini saya belum tahu urusannya dengan peraturan Adsense. Yang jelas, tidak semua pengunjung paham atau melihat trik seperti ini, jadi ini bisa jadi hal yang percuma.

4. Mengikuti program saling klik iklan.
Jujur saja, saya memang ikut dalam program seperti ini sekedar ingin menambah komunitas dan PR saya. Urusan dengan Google Adsense, jelas ini bermain api dengan peraturan yang berlaku.

5. Menyisipkan suatu kode lain dalam kode unik Adsense.
Biasanya bagi blogger atau pemilik situs berbahasa Indonesia dipusingkan dengan tampilan iklan Adsense yang hanya berupa iklan masyarakat yang tidak menghasilkan. ini dikarenakan konten yang dimiliki tidak dianggap pihak Google merujuk pada suatu tema dalam keywords yang dimaksud, alias tidak niche.
Mereka menyisipkan kode peng-adaptasi bahasa yang memaksa Google untuk tetap menampilkan iklan bernilai jual.
Faktanya adalah memodifikasi kode Adsense dalam bentuk apapun adalah suatu pelanggaran besar dan berpeluang untuk mendapat kartu merah (benar2 maniak bola deh).

Atau mungkin kamu pernah melihat beberapa trik lain berhubungan dengan afiliasi marketing, khususnya Google Adsense ?
Jadi, dari semua trik diatas, pokok pikiran utamanya adalah pengunjung alias visitor alias konsumen alias browser alias blogwalker alias nama2 lainnya.
Trik yang mestinya kita kuasai dan terapkan adalah bagaimana memancing banyak pengunjung menuju situs kita. Semakin banyak pengunjung maka semakin banyak impresi iklan, dan semakin besar kemungkinan iklan dalam situs/blog kita di-klik.

Dan faktor utama untuk menarik pengunjung adalah isi alias konten dari situs/blog kita. Kita harus bisa membuat pengunjung tertarik pada situs kita karena konten/artikel dalam situs kita (emang mau di-isi apa lagi?).
Kemudian mendaftarkan situs kita dalam mesin pencari supaya situs/blog kita bisa ditemukan dengan mudah melalui search engine macam Google atau Yahoo. Kan nggak semua orang tau alamat situs kita.
Hal yang juga perlu dilakukan adalah ber-sosialisasi dan ber-aktualisasi. Tunjukkan kepada banyak orang pengguna internet bahwa kamu punya situs yang layak dikunjungi. bergabung dalam komunitas, blogwalking dan meninggalkan pesan yang sopan adalah perlu.

Setelah membaca artikel ini apakah kamu masih berniat mencari trik rahasia meningkatkan penghasilan Adsense ?
Dalam blog ini pun saya juga menyisipkan beberapa trik dan tips seputar Adsense. Tapi sekali lagi saya ingatkan, penghasilan yang bisa diraih tetap tergantung pada seberapa banyak pengunjung situs.

Maju terus !! pantang mundur !!

0 comments: