Monetize our web / blog with Adsense

Tuesday, February 17, 2009

Trik Adsense untuk blog bahasa Indonesia

Awalnya aku mulai stres, frustasi, depresi, sensi, dan lain2 gara kolom Adsense ku gak juga menghasilkan. Ini karena impresi yang nongol lebih sering PSA (Public Service Advertisement) alias "Iklan Layanan Masyarakat" yang sama sekali gak menghasilkan apapun kecuali klik fraud kalo di-klik berulang kali.
Mungkin karena beberapa blog milik ku gak punya konsep yang fokus untuk dibuat niche atau sesuai dengan iklan Adsense, sehingga Google Adsense bingung mau naruh iklan apa buat blog punya ku. Jadinya yg nongol malah PSA itu tadi.

Browsing sana-sini, blogwalking ngalor-ngidul (baca : utara-selatan), banyak yg ngasih trik nakal untuk menampilkan iklan Adsense. Trik yg disebutkan adalah dengan mencurangi script code Adsense dengan menambahkan kode seperti dibawah ini:

" google_language = “en”; "
Padahal dalam TOS Google Adsense jelas2 menyatakan bahwa kita tidak boleh menambahkan kode ataupun mengubah kode pemberian Adsense, dan bila kita nekat melanggar TOS tersebut hasilnya kita bisa kena penalti dari Google Adsense. Hm, beresiko tinggi ...

Nah, daripada pusing2 dengan resiko kena banned dari Google, kenapa kita gak memberi pilihan bahasa lebih universal kepada pembaca blog kita ? Kita gak perlu repot2 belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, terutama bahasa alien hehehehe ....

Dasar trik ini adalah menyisipkan aplikasi penterjemah pada halaman situs atau blog kita. Jadi meskipun blog atau situs kita dibuka di belahan dunia lain, pembaca non-Indonesia masih bisa menikmati hasil karya kita tersebut dengan menterjemahkan secara online.

Caranya : masuk ke situs Google Translator.
Lalu klik pada kolom Translation Tools, akan muncul gambar seperti dibawah ini


Tentukan bahasa utama blog atau situs kamu, lalu copy script code dibawahnya. dan paste sebagai gadget / elemen baru dalam situs atau blog kamu. Sebagai contoh, kamu bisa melihat gadget Google translator punya ku di kiri atas halaman, di bawah About me.
Gampang kan ? daripada repot2 belajar bahasa Inggris atau melakukan hal curang yang beresiko.
Kalau ada cara aman menampilkan Adsense di blog berbahasa non-Inggris, kenapa harus bertaruh dengan bahaya mencurangi Adsense yang beresiko ?

Sumber : Dari para pakar Adsense

0 comments: